Wisata Kuliner

GUDEG YOGYAKARTA

Jika melihat judulnya saja pun, pasti anda langsung berfikir tentang makanan khas Yogyakarta yaitu “Gudeg”,z kan??? Hayoo……karena saya yakin,kalau anda juga tipe orang yang gemar makan-makan,seperti saya. Memang benar,dan saya memang tidak menyalahkan bahwa makanan khas Yogyakarta adalah GUDEG. Seperti halnya Sate Madura dan Pempek Palembang.

Gudeg merupakan makanan yang sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia,bahkan sampai wisatawan manca Negara pun jika berkunjung ke Yogyakarta pasti mencari gudeg…. Berarti wes terkenal bungetz tow??? Untuk mendapatkannya pun anda tidak usah susah-susah. Di Jogja sendiri Gudeg hampir tersebar diseluruh wilayah Jogja. Dari sentra Gudeg di Jl. Wijilan sampai ke pelosok daerah di Propinsi DIY. Cara penyajiannya pun juga cukup menarik. Para pedagang menjual Gudeg yang disajikan dengan kendil. Anda tahu kendil??? Tapi bukan Joko Kendil lho…. Kendil adalah wadah yang terbuat dari tanah liat. Selain untuk menarik pembeli,eh ternyata…….. Ayo sapa yang tahu??? Nek balum tahu sekarang tak kasih tahu,ternyata dengan menggunakan kendil,masakan gudeg akan terasa lebih khas dan lebih nikmat tentunya.

Gudeg adalah makanan yang terbuat dari buah nangka muda. Apakah anda pernah melihat buah nangka??? Jika belum klik disini. Buah nangka adalah buah yang mirip dengan buah durian tapi enakan durian lah pastinya….. dan yang pasti lebih mahalan duriyan… he he he

Rasa dari masakan ini,manis manis gurih gimana…. Gitu… ya pokoknya leziz lah ( Leziz tu bahasa karena sangat enak dan sangat lezatnya). Cara membuat masakan ini,gmn z??? soalnya saya juga belum pernah. Emz tapi bisa diatur lah,monggo klik lagi disini jika anda ingin mengetahui cara membuat gudeg yogyakarta. Jika anda penasaran dengan rasa asli dari Gudeg yogyakarta ini,karena mungkin jika anda masak sendiri,rasanya kurang……….

kurang asin,kurang manis, atau kurang banyak, silahkan datang saja langsung ke kota ini. pasti rasanya akan lebih leziz puol.MONGGO……….

Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo,wah mbahne sopo kui??? He he he… Itu adalah nama sebuah warung bakmi yang ada di Yogyakarta. Bakmi Jawa Mbah Mo merupakan bakmi jawa yang legendaris di Jogja, bila anda mencari lokasi dari warung Bakmi Jawa Mbah Mo ini, lumayan sulit karena tempatnya tidak dipinggir jalan, melainkan masuk ditengah-tengah perkampungan desa di daerah Code, Bantul, kira-kira anda butuh sekitar satu jam untuk sampai di warung Bakmi Jawa Mbah Mo ini dari pusat kota Jogja.

Jangan terkejut bila sampai disana, karena anda akan mengantri lama untuk mendapatkan cita rasa khas Bakmi Jawa Mbah Mo, mngkin sampai harus beli karcis segala. Walah-walah kyo arep numpak sepur ae. He he he….. karena dari sore sampai malam hari warung Mbah Mo tidak pernah sepi dari para pengunjungnya, akan tetapi semua itu akan terbayar oleh rasa nikmat dari Bakmi Jawa Mbah Mo. Yang pasti LEZIZ lah…..

Jika anda butuh informasi selanjutnyua, silahkan hubungi Kontak Alamat dan Nomer Telepon Bakmi Jawa Mbah Mo Daerah Code, Bantul, Yogyakarta Telepon : (0274) 418676, 0815548557743

Soalnya Mbah Mo sekarang sudah meninggal,gak mungkin tow,anda menghubungi mbah MO… Hihihihihi… dan usahanya sekarang diteruskan oleh menantunya yaitu Bapak Murlidi.

Sop Kaki Kambing Pak Udin

Sop Kaki Kambing Pak Udin memang sangat populer sekali di Jogja, setiap harinya selalu dipenuhi dengan para pelanggannya. Pada saat jam makan malam kadang-kadang anda harus bersabar untuk mendapatkan tempat duduk, karena sangat ramainya pengunjung. Karena orang sabar itu disayang Tuhan…. Z tow???

Sop kambing kaki Pak Udin,eh kebalik… Sop kaki kambing pak Udin maksudnya…lebih nikmat lagi jika disantap dikala cuaca Jogja sedang dingin, karena hangat dari kuah Sop kaki kambing Pak Udin akan membikin badan anda hangat. Aroma kuah dari sop kaki kambing Pak Udin memang berbeda dari sop kaki kambing di tempat lain. Bagi anda pecinta makanan berkolesterol tinggi, disinilah tempatnya! Tapi ingat, jangan sampai kebanyakan bisa-bisa kesehatan anda bisa terganggu nantinya dan yang paling pasti, Kocek anda bisa habis disini…

Anda bisa menghubungi: Kontak Alamat dan Nomer Telepon Sop Kaki Kambing Pak Udin Jl. Teuku Cik Ditiro, Yogyakarta Telepon : 0818469508

Ayam Panggang Mbah Purwo

Ayam Panggang Mbah Purwo adalah ayam panggang langganan sosok almarhum Umar Kayam, anda tahu Umar kayam??? Jika tidak,berarti sama,saya juga tidak tahu,siapa pak Umar Kayam… jadi kita sama-sama tidak tahu kan??? Dan sangat direkomendasikan oleh Pak Bondan Winarno dalam acaranya Wisata Kuliner. Nah kalau pak bondan saya tahu,pokoke yang sering mengatakan mak nyussss…..!!! Ayam Goreng Mbah Purwo menjual ayam panggang Klatennya, ditempatkan dalam tenongan (semacam rantang besar terbuat dari kaleng).

Ayam panggang Mbah Purwo rasanya sangat khas, baunya yang harum dan aroma santannya “pasti” akan menggugah selera makan anda. Sekarang ini hanya Mbah Purwo saja, yang tetap menjual ayam panggang Klaten ini dengan cara seperti aslinya. Ayam panggangnya Mbah Purwo dapat dari Nyonya Bien yang sudah beberapa puluh tahun membuat ayam panggang gagrak Klaten ini.

Alamat Ayam Panggang Mbah Purwo Depan Toko Maju Jaya, Malioboro, Yogyakarta

Ayo…… Monggo mampir….

Bakso yang sangat Uye

Bakso atau baso adalah makanan berupa bola daging. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi dan tepung, tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam atau ikan, untuk jenis bakso daging sapi, ayam, dan ikan sekarang mulai banyak di tawarkan dalam bentuk frozen yang di jual di super market, swalayan dan mall-mall. Dalam penyajiannya bakso biasa dicampur dengan kuah bening dan mi. Dalam proses pembuatanya biasa dicampurkan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging, hal ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang kurang aman oleh BPOM. Karena boraks bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Bakso sangat populer di Indonesia, tempat yang terkenal menjadi sentra Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Kota Malang malahan di kota Malang terdapat kuliner Bakso Bakar.

Sate Klathak

Di sepanjang jalan itu terdapat sekitar 30 warung sate kambing hanya dalam ruas jalan sepanjang 2.5 km. Jadi rata-rata hampir setiap 80 meter ada satu warung sate kambing. Orang sekitar situ saja banyak yang menyebutnya dengan “Jalan Sate”. Yang spesial adalah sate klathak.

Sate klathak adalah sate kambing muda yang hanya dibumbui dengan garam saja, sehingga bila di bakar akan ber “Klathak Klathak!”. Berbunyi maksudnya, karena garamnya terbakar. Dipercaya berkhasiat meningkatkan gairah dan stamina pria. Tapi meski hanya dibumbui garam saja, kok ya tetep enak ya?. Jangan heran, kalo pada saat makan siang, banyak orang kantoran yang jauhnya sekitar 10 kiloan pada menyempatkan makan di jalan sate.

Yang paling sip, menurutku sih, adalah Sate Pak Jam.Tepatnya di Km 6.5 berseberangan dengan pom Bensin Jati. Ada tulisannya. Di bawah pohon mangga. Jangan sampai keliru, karena disekitar pom bensin itu saja ada 4 warung sate yang berdekatan. Kambingnya dijamin masih muda. Jadi empuk. Per porsi cuma Rp. 10.000,- dah masuk mimuman.

Dalam sehari Pak Jam “membunuh” 4-5 ekor kambing muda. Meski begitu, jangan harap jam 7 malam masih buka. Sudah habis. Lainnya masih buka, sih. Blom pada habis.

Selain sate klathak ada juga Sate bumbu, Thenkleng, Kikil, Lelung, Tongseng, Nasi goreng kambing dll. Tapi yang spesial ya itu tadi, Sate Klathak. Atau mo yang lebih greeng? Pesen saja tongseng torpedo!! Jadi dalam sehari, di ruas jalan 2.5 km itu, kira kira 90-100 kambing muda diambil hak hidupnya.

Dari perempatan terminal giwangan ke arah makam raja imogiri, bila sudah melewati trepiklet, berarti anda sudah kebablasen. Sudah lewat dari zona jalan sate. Atau emang mo ke Imogiri? Z pokoknya tempate disana lah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: